Rabu, 01 Januari 2014

CONTOH PROPOSAL BANTUAN DANA PENDIDIKAN (BEASISWA) Arie



PROPOSAL
BANTUAN DANA PENDIDIKAN
(BEASISWA)













Diajukan oleh:

NAMA              : SESHAKRI
N I M                      : 309.068
PEKERJAAN        : Mhs.IAIN IB PADANG
FAKULTAS           : SYARI’AH
JURUSAN              : Ekonomi Islam
ALAMAT               : Kel Lubuk Lintah Kec Kuranji Kota Padang


MAHASISWA EKONOMI ISLAM
FAKULTAS SYARI’AH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG

Padang 17 Desember 2013
Nomor : Istimewa                                                      
Lamp   : 5 (lima) Lembar
Hal       : Mohon Bantuan  Sosial Pendidikan

   Kepada YTH,
Bapak Gubernur  Sumatra Barat
  di
                        Tempat

Asalamu’alaikum Wr..Wb…


Terlebih dahulu saya mendo’akan semoga Bapak beserta jajaran senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT dan  sukses selalu dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.Amin

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : Seshakri
Tempat/tgl.Lahir         : Sontang / 18 Agustus 1991
Pendidikan                  : IAIN Imam Bonjol Padang
Jurusan                        : Ekonomi Islam (EKI)
Semester                      : IX (Sembilan)
Alamat                        : Lubuk Lintah kec Kuranji
No HP / Telp               : 0857  6645 2316

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak Gubernur  Sumatra Barat agar berkenan memberikan bantuan dana pendidikan demi kelancaran perkuliahan yang sedang saya jalani di IAIN Imam Bonjol Padang
Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak, bersama ini saya lampirkan:

1.      Surat Permohonan
2.      Proposal dan Rencana Anggran biaya
3.      Surat Keterangan Kurang mampu
4.      Foto copy KTP
5.      Surat keterangan aktif kuliah
6.      Foto copy Bank Nagari
Demikianlah proposal ini saya buat,  dengan harapan Bapak dapat meringankan beban biaya perkuliahan  saya. Besar harapan saya semoga Bapak dapat mengabulkan permohonan saya, atas bantuan yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih. 
           
                                                                                    Padang, 17 Desember 2013   
                                                                        Saya yang memohon


                                                                        Rahmat Hidayat
PROPOSAL PENDIDIKAN

A.    Paradigma
Kemajuan suatu bangsa tidak bisa terlepas dari dunia pendidikan. Pendidikan merupakan lembaga yang dapat melahirkan generasi dan masyarakat yang memiliki kemampuan untuk melanjutkan pembangunan suatu bangsa. Pendidikan merupakan lokomotif dalam melahirkan generasi yang memiliki sumber daya manusia yang kuat dan handal, karena sesuai dengan tuntunan zaman pada saat ini dibutuhkan masyarakat yang memiliki sumber daya manusia yang utuh dengan tujuan dapat menjawab tantangan zaman untuk masa yang akan datang. Pembentukan sumberdaya manusia yang handal dan berkualitas merupakan harapan dan cita-cita masyarakat dengan pemerintahnya dalam mewujudkan pembangunan secara berkesinambungan. Pendidikan yang berkualitas merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat dalam menciptakan dan mewujudkan generasi yang cerdas dan mampu untuk memberikan pembaharuan melalui karya-karya nyata yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa. Dengan itu pemerintah sabagai salah satu ujung tombak dalam menyokong dan membina pendidikan memiliki peranan penting terhadap kemajuan suatu masyarakat dengan ditandai meningkatnya sumberdaya manusia.          
Kemajuan pendidikan harus ditopang oleh semua unsur, perhatian yang penuh antara masyarakat dengan pemerintahnya. Kekuatan pendidikan bertumpu kepada usaha yang kongkrit seluruh masyarakat dengan pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu. Usaha yang kongkrit itu terwujud dalam pemenuhan serta kesediaan dari seluruh komponen yang ada  dan yang memiliki pengaruh terhadap mekanisme pendidikan. Mekanisme pendidikan yang baik memiliki serana dan prasarana yang akan menunjang keberhasilan dalam menyelanggarakan pendidikan. Sarana dan prasarana merupakan wujud utama dalam penyelanggaraan pendidikan. Melahirkan dan membentuk sumber daya manusia yang memiliki dedikasi yang tinggi, serta spirit yang kokoh membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang maksimal.
 Hal itu dapat terwujud melalui pendidikan formal yang terselenggara secara tersistematis dan terarah. Pemerintah pada saat ini berusaha untuk meratakan pendidikan formal kepada seluruh masyarakat dengan harapan dapat terwujud suatu masyarakat yang memiliki kekuatan akal dan mampu untuk berkarya. Secara konstitusi pendidikan diatur dan dilindungi oleh pemerintah. Hal itu termuat dalam UUD 1945, hal itu dijelaskan “bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak”. Hal ini merupakan kepedulian pemerintah untuk meningkatkan mutu  pendidikan. Pendidikan yang bermutu dan berkualitas membutuhkan biaya dan usaha yang tinggi dalam mewujudkan pendidikan tersebut. Semakin tinggi pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat maka akan tinggi pengorbanan yang harus dikorbankan oleh masyarakat dan pemerintahnya. Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mencoba untuk membentuk masyarakat dalam mewujudkan pendidikan bagi mereka yang kurang mampu, tetapi memiliki semangat dan prestasi dalam pendidikan. Hal itu terlihat dalam bentuk anggaran pendidikan pada masing-masing daerah yang mengalokasikan dana tersebut untuk meringankan biaya pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan adanya perhatian pemerintah dan masyarakat terhadap pendidikan, maka akan terwujud pendidikan yang bermutu, dan akan melahirkan generasi yang berkualitas dengan  ditandai dengan meningkatnya sumberdaya manusia

B.     Tujuan
Adapun tujuan saya ingin menyelesaikan pendidikan strata satu ( S I ) ini adalah untuk :
1.      Ingin turut serta dan berperan aktif di Sumbar
2.      Ingin turut serta dan berperan aktif dalam membangun daerah dan meningkatkan SDA dan SDM di Sumbar
3.      Ingin turut serta dan berperan aktif dalam kegiatan pembangunan ekonomi Sumbar.





C.    Anggaran Dana
NO
KEBUTUHAN
BIAYA
1
Biaya kuliah dan pratikum
Rp.    600.000
2
Pembelian buku / ATK
Rp.    800.000
3
Tempat tinggal + kebutuhan sehari-hari
Rp.  3.500.000
5
Skripsi
Rp.  2.000.000
Jumlah                 :       Rp.  6.900.000
Terbilang : Enam Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah

D.    Penutup

Demikianlah permohonan ini saya sampaikan kepada BAPAK GUBERNUR  SUMATERA BARAT , sebelumnya saya mohon maaf atas penulisan proposal ini baik berkenaan dengan teknik penulisan atau bahasanya, semoga hal tersebut tidak menghalangi niat suci Bapak untuk memberikan bantuan. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak dengan pahala yang berlipat ganda. Amin.


Padang, 17 Desember 2013                Saya Yang Memohon,                            


                        SESHAKRI
                        309.068

4 komentar:

  1. CERITA KISAH SUKSES SAYA SAAT PROSES PENGURUSAN DANA BANTUAN DARI KEMENDIKBUD PUSAT JAKARTA

    Assalamualaikum sebelum'nya perkenal'kan nama saya drs manire kepala sekolah SD Nrgeri 30 Ambon NPSN 601002080 alamat jl sultan babullah kel.silale kec. Nusaniwe kota ambon prov.Maluku, mohon maaf sebelum'nya saya ingin berbagi cerita kepada jajaran kepala sekolah yang lain mengenai perjuangan pembangunan sekolah saya, alhamdulillah sekolah saya sekarang sudah sementara renovasi, pembangunan dan melengkapi isi ruang perpustakaan berkat dana bantuan dari pusat, mulah'nya saya sangat sedih melihat kondisi sekolah saya dan saya pun beberapa kali mengirim berkas proposal ke pemerintah setempat namun tidak ada sama sekali respon dari pemerintah setempat, tapi saya tidak pernah menyerah dalam menghadapi masalah ini dan setiap ibadah aku selalu memohon doa dan petunjuk, alhamdulillah suatu hari itu saya ke dinas pendidikan provensi untuk meminta perhatian kepada kepala dinas, namun kadis prov tidak ada respon juga, alhamdulillah ada salah satu krabat saya yang kebetulan dinas di depdiknas ambon maluku, krabat saya memberikan arahan untuk melapor'kan hal ini ke pusat mendiknas jakarta dan beliau pun juga memberikan nomor ponsel/hp= 082312345305 kepala biro umum bpk DR.SUTANTO S.H.,M. A. beliau menjabat di kemendiknas pusat jakarta, setelah satu minggu kemudian saya memberikan diri menghubungi beliau dan meminta bantuan dalam masalah sekolah saya dan waktu itu saya sempat curhat masalah kondisi sekolah saya dan alhamdulillah beliau ada respon memberikan arahan untuk mempersiapan proposal untuk di kirim ke pusat, alhamdulillah setelah proposal saya tiba di jakarta beliau menghubungi saya untuk menutupi segera pos pos adimistrasi pengurusan berkas'nya, setelah saya ikuti arahan beliau satu minggu kemudian saya mendapat tlp dari beliau dan beliau menyampai'kan bahwa dana'nya sudah masuk ke rekening sekolah, waktu itu saya langsun ke bank BPD kota ambon untuk cek rekening sekolah dan setelah saya serah'kan buku rekening tabungan kepada teller bank dan teller bank menyampaikan dana sudah masuk senilai 250.000.000,00 alhamdulillah saat itu saya tidak sadar'kan diri sujud di depan teller bank, alhamdulillah kini sekolah saya sudah sementara proses pembangunan berkat bantuan bpk DR.SUTANTO S.H.,M.A. beliau selaku kepala biro umum di kemendiknas pusat jakarta, terima kasih kepada bpk dr sutanto moga sukses selalu dan di beri umur panjang amin.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si
    DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman
    0853-2174-0123



    ( KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan pemda jawa timur )

    Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.
    Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2017 kemarin saya melakukan komunikasi kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    -Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Selalu mensupport aku
    -Terimakasih untuk khususnya ( Direktur jabatan aparatur negara) Bpk Dr.Herman m.si beliau selaku petinggi BKN PUSAT, dia'lah yang membantu kelulusan saya selama ini, alhamdulillah SK saya tahun 2015 bisa keluar.
    Salam & Terima kasih

    BalasHapus